12 Manfaat ASI Eksklusif bagi Ibu dan Bayi untuk Kesehatan Fisik dan Psikis


Kesehatan / Sunday, February 4th, 2018

Manfaat ASI EksklusifKesehatan Mom dan buah hati sangatlah penting untuk dijaga. Pemberian ASI eksklusif merupakan upaya pemenuhan nutrisi untuk bayi. Selain bermanfaat bagi si kecil, pemberian ASI secara intens juga bermanfaat bagi Mom. Manfaat ASI eksklusif dapat menjaga kesehatan fisik dan psikis Mom dan si buah hati. Apa sajakah itu? Simak 12 hal berikut ini.

  1. Memperkuat Sistem Imun Bayi

Sistem kekebalan tubuh atau imunitas sangat penting bagi si kecil. Kondisi tubuh bayi yang masih rentan membutuhkan imunitas yang stabil untuk menghindari berbagai serangan kuman, bakteri, virus, dan semua hal penyebab penyakit. Pemberian ASI secara intens merupakan cara efektif untuk meningkatkan dan menstabilkan sistem imun bayi.

Bayi yang mengonsumsi ASI sesuai porsi secara teratur akan terhindar dari berbagai penyakit dan kondisi tubuhnya tetap prima. Risiko terserang diare, konstipasi, meningitis, INSPA, dan sebagainya bisa diminimalisir dibandingkan tanpa mengonsumsi ASI. Antibodi dari Mom juga dapat melindungi si kecil dari serangan asma, eksim, dan alergi lainnya.

  1. Meningkatkan Kecerdasan Bayi

Punya anak yang cerdas merupakan impian setiap orang tua. Kecerdasan si kecil dapat ditingkatkan melalui pemberian ASI secara eksklusif. Kandungan asam lemak dan berbagau nutrisi dalam ASI sangat pas untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Mengingat manfaat ASI eksklusif untuk kecerdasan buah hati, Mom harus memperhatikan kelancaran ASI.

  1. Menjaga Berat Badan Ideal Si Kecil

Berat badan ideal bagi bayi sangatlah penting agar seluruh sistem dalam tubuh bekerja dengan baik dan seimbang. Jangan sampai si kecil mengalami kekurangan gizi ataupun obesitas.

Upayakan pemberian ASI yang cukup untuk menunjang pemenuhan nutrisi tubuh. ASI mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan bayi dalam porsi yang seimbang, sehingga merupakan asupan energi yang penting bagi bayi. Karenanya, tak salah jika manfaat ASI eksklusif adalah mampu menjaga berat badan ideal si kecil.

  1. Memperkuat Tulang Bayi

Pertumbuhan dan perkembangan bayi juga dapat ditunjang melalui asupan makanannya. Semua sistem tubuh bayi, termasuk sistem gerak, mampu dioptimalkan dengan mengonsumsi ASI. Kekuatan tulang bayi yang optimal dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi ASI. Kondisi tulang yang kuat dan terus berkembang menandakan sistem gerak berkembang baik.

  1. Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Kolesterol pada umumnya dihindari oleh banyak orang karena berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh. Sebenarnya, jenis kolesterol itu ada 2 dan tidak semua kolesterol itu jahat atau berbahaya. Jadi, terdapat jenis kolesterol baik yang mampu membunuh kolesterol jahat di dalam tubuh.

Keberadaan kolesterol baik dalam tubuh bayi sangat diperlukan untuk menunjang tumbuh kembangnya. Jadi, bayi dapat memperoleh asupan kolesterol sesuai porsi dengan mengonsumsi ASI. Berbeda dengan orang dewasa yang justru harus membatasi sendiri jumlah kolesterol jahat dan kolesterol baik di dalam tubuh.

  1. Mengurangi Sindrom Kematian Bayi Mendadak saat Tidur

Manfaat ASI eksklusif sangatlah bermanfaat untuk mengurangi sindrom kematian bayi yang mendadak saat dalam kondisi tidur. Hal ini bisa terjadi karena ASI mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan demikian, Mom harus mengupayakan pemberian ASI eksklusif bagi si kecil secara teratur agar mampu memenuhi kebutuhannya.

  1. Meningkatkan Hubungan Emosional Mom dan Bayi

Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, pemberian ASI secara intens dapat menjaga kondisi kesehatan psikis. Hubungan emosional Mom dan bayi termasuk kondisi psikis yang dapat ditingkatkan melalui pemberian ASI teratur.

Hubungan emosional yang meningkat tersebut menjadikan ikatan batin antara Mom dan bayi meningkat dan menjadikan Mom mengetahui maksud bayi. Hal ini akan mengikat keduanya dan saling memahami satu sama lain.

  1. Melangsingkan Tubuh

Berat badan Mom tentu mengalami peningkatan selama masa kehamilan. Kegiatan menyusui ternyata mampu menurunkan berat badan. Salah satu manfaat ASI eksklusif adalah membantu Mom untuk melangsingkan tubuh. Kegiatan menyusui yang intensif akan menurunkan kadar kalori dalam tubuh dalam bentuk cairan air susu tersebut.

Dalam sehari, Mom bisa menurunkan sebanyak 500 kalori melalui kegiatan menyusui. Jumlah tersebut tergolong cukup efektif untuk mempercepat penurunan berat badan. Oleh karena itu, Mom harus berupaya memberikan ASI kepada si kecil secara intensif dan berkelanjutan.

  1. Mengurangi Stres

Stres atau tekanan juga bisa berkurang dengan kegiatan menyusui yang dilakukan secara berkelanjutan dan teratur. Kondisi psikis akan membaik atau mengalami peningkatan karena produktif menyusui. Stres akan hilang karena kondisi tubuh rileks dengan adanya produksi hormon oksitoksin yang merangsang produksi ASI.

  1. Mengurangi Pendarahan

Manfaat ASI eksklusif yang harus diketahui berikutnya adalah mengurangi pendarahan yang dialami oleh Mom setelah proses persalinan. Hormon oksitoksin yang diproduksi untuk merangsang keluarnya ASI justru mampu membantu rahim untuk berkontraksi.

Kontraksi rahim tersebut dapat mengurangi pendarahan rahim setelah persalinan karena terdapat proses pemulihan dan penebalan dinding rahim kembali. Peluruhan yang menyebabkan pendarahan tersebut dapat terhenti. Selain menghentikan pendarahan, produksi hormon oksitoksin ketika menyusui dapat mengembalikan bentuk rahim seperti semula.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Risiko kanker payudara ataupun kanker ovarium bisa diminimalisir melalui kegiatan menyusui secara eksklusif. Berdasarkan hasil penelitian, semakin lama proses menyusui, maka Mom semakin terlindungi atau terhindar dari risiko kanker tersebut.

Penurunan risiko ini bisa terjadi karena penekanan produksi hormon estrogen. Manfaat ASI eksklusif seperti ini sangat membantu menjaga kesehatan Mom dalam jangka panjang. Karenanya, berusahalah untuk memperlancar produksi ASI dan memberikannya pada si kecil secara teratur.

  1. Cara untuk KB Alami

Manfaat ASI eksklusif yang terakhir adalah sebagai salah satu cara untuk KB alami. Jadi, pemberian ASI dapat menghambat ovulasi, sehingga secara otomatis belum ada sel telur yang siap dibuahi. Untuk mengefektifkan cara ini, lakukan kegiatan menyusui secara teratur.

Rangkaian manfaat ASI eksklusif tersebut mampu menjaga kesehatan ibu dan bayi secara fisik dan psikis. Kegiatan menyusui secara intens dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi dan Mom memperoleh banyak manfaat. Agar ASI lancar, aturlah pola makan dengan mengonsumsi sayur, buah, daging tanpa lemak, susu, air putih, dan makanan berserat lainnya.